Sinergi Antar-BUMN Rawan Monopoli - KOMPETISINEWS | INFO PERSAINGAN USAHA

.


Home » , , » Sinergi Antar-BUMN Rawan Monopoli

Sinergi Antar-BUMN Rawan Monopoli

Written By Redaktur on Wednesday, November 6, 2013 | 11:00 PM

Wakil Ketua KPPU Saidah Sakwan
Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) mengaku sedang melakukan analisa  terhadap upaya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan sinergitas antara perusahaan-perusahaan pelat merah.

Wakil Ketua KPPU Saidah Sakwan mengatakan sinergitas BUMN yang digaungkan Menteri BUMN Dahlan Iskan rawan indikasi praktik monopoli.

"Yang sedang kita amati sekarang sinergitas BUMN. Ini sedang kita analisa karena itu bisa menyebabkan pelaku usaha lain tidak bisa masuk ke pasar yang sama. Ini akan menimbulkan monopoli,’ kata Saidah di Gedung KPPU, Jakarta, Senin (4/11/2013).
Dia mengatakan saat ini banyak tender-tender besar dalam sinergi BUMN yang tidak bisa dimasuki membuat pelaku usaha lain tidak bisa masuk.

Oleh karena itu, Saidah mengatakan pihaknya akan menganalisa kebijakan Menteri BUMN tersebut dan dampaknya terhadap perilaku pelaku usaha BUMN.

Mantan Komisi VI dari Praksi PKB tersebut menambahkan sinergitas BUMN yang sedang diamati saat ini adalah Angkasa Pura. Dia mengatakan Angkasa Pura hanya memberikan kesempatan pada Telkom untuk membangun Jaringan Fiber Optik di Bandara sehingga menutup kemungkinan pelaku usaha lain untuk masuk ke pasar tersebut.

Lebih lanjut, dia mengatakan hasil dari analisa terhadap sinergi BUMN nantinya akan diserahkan kepada presiden untuk kemudian dijadikan acuan dalam menetapkan kebijakan. "Hasilnya akan kita serahkan ke presiden," tutupnya.(rez)/(wdi)/Sindonews
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. KOMPETISINEWS | INFO PERSAINGAN USAHA - All Rights Reserved
Developed by kuntoprastowo | Template by Maskolis
Proudly powered by Blogger