KPPU Awasi Rencana Akuisisi AXIS oleh AXIATA - KOMPETISINEWS | INFO PERSAINGAN USAHA

.


Home » , , , , » KPPU Awasi Rencana Akuisisi AXIS oleh AXIATA

KPPU Awasi Rencana Akuisisi AXIS oleh AXIATA

Written By Redaktur on Thursday, May 23, 2013 | 11:31 PM

Rencana Perusahaan Telekomunikasi Malaysia untuk mengakuisisi AXIS harus diawasi KPPU dan Kemenkominfo.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) akan mengawasi rencana akuisisi operator selular AXIS oleh PT XL Axiata Tbk. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kartel atau monopoli usaha.


Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot S. Dewo Broto, mengatakan PT XL Axiata belum mengajukan izin kepada Kementerian atas rencana perusahaan mengakuisisi Axis. "Hingga saat ini belum ada permohonan," ujarnya kemarin.

Menurut Gatot, pihaknya menyadari perkembangan bisnis dan industri mengarah kepada penggabungan usaha dan akuisisi. Fenomena tersebut sudah terjadi sejak 2006.

Sebelumnya, lanjut Gatot, jika melakukan akuisisi atau merger, perusahaan biasanya melapor ke Kementerian Komunikasi dan Informasi. Kemudian laporan tersebut dikaji dan diberikan tanggapan.

Gatot menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Presiden tentang Daftar Negatif Investasi, asing hanya boleh menguasai bisnis telepon kabel maksimal 49 persen, sedangkan sebagai operator maksimal 65 persen.


Seperti ramai diperbincangkan beberapa waktu terakhir, perusahaan telekomunikasi terbesar asal Malaysia, AXIATA, berencana mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia. Tawaran pengambilalihan Axis akan dilakukan Axiata melalui anak usahanya di Indonesia, PT XL Axiata Tbk.

Saat ini, sekitar 80,1 persen saham Axis Indonesia dimiliki Saudi Telecom Company (STC). Sisanya sekitar, 14,9 persen dimiliki perusahaan telekomunikasi Malaysia, Maxis Communication, dan 5 persen oleh PT Hamersha Investindo (PTHI). Saudi Fransi Capital memprediksi nilai Axis mencapai USS 1 miliar, termasuk utang.

Seperti dilansir Bloomberg, jika pengambilalihan saham Axis terjadi, XL Axiata akan menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar ketiga di Indonesia setelah Telkomsel dan Indosat. Tak hanya itu, akuisisi ini juga bakal memberikan keuntungan kepada Axiata karena Axis akan memberikan frekuensi seluler tambahan

Akuisisi tersebut akan mempermudah XL Axiata dalam ekspansi jaringan di Asia Tenggara. Pembelian saham tersebut juga akan menambah cakupan layanan XL Axiata, khususnya setelah operator seluler ini melaporkan penurunan laba menjadi Rp 315,5 miliar. Perwakilan Saudi Telecom, Axis, dan Maxis Communications belum bersedia memberikan komentar.

Presiden Direktur PT XL Axiata, Hasnul Suhaimi, ketika dimintai konfirmasi tidak membantah ataupun mengiyakan soal rencana akuisisi tersebut. Menurut dia, XL Axiata selalu terbuka terhadap adanya peluang konsolidasi. "Kami tidak dapat memberikan tanggapan untuk Axis secara spesifik," ujarnya kepada Tempo.

Namun dia menyatakan pihaknya selalu terbuka untuk peluang konsolidasi. "Bagaimanapun, berbagai pertimbangan sedang kami kaji."

Hasnul mengatakan, XL Axiata terbuka terhadap segala peluang. "Baik berkaitan dengan strategi perusahaan maupun nilai dan posisi keuangan perusahaan," tuturnya.


Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. KOMPETISINEWS | INFO PERSAINGAN USAHA - All Rights Reserved
Developed by kuntoprastowo | Template by Maskolis
Proudly powered by Blogger